Penting! Kesehatan reproduksi wanita harus dijaga, beginilah caranya


Seorang wanita harus peduli dengan kesehatan reproduksi pada dirinya. Karenajika kamu menjaga reproduksimu berarti kamu juga menjaga calon bayi dan pasangan kamu. Hal ini bisa dilakukan dengan kebiasaan dalam sehari-hari. Organ reproduksi wanita sangat berpengaruh penting dalam hubungan seksual, produksi sel telur, hingga melindungi serta menjadi tempat sel telur berkembang sampai dalam proses persalinan. Karena reproduksi sangat penting maka mulai sekarang kamu harus mulai membiasakan untuk menjaga kesehatannya dengan cara berikut ini.

1.      Konsumsi makanan sehat

Makanan adalah sumber asupan. Jika yang kamu makan mengandung manfaat yang baik dan sehat maka hasilnya kamu akan menyerap vitamin dan kandungan yang baik pula. Pastikan kamu banyak mengonsumsi sayuran, buah, gandum, atau biji-bijian utuh, protein serta lemak sehat dll. Serta imbangi dengan olahraga dan pola hisup sehat.

2.      Istirahat yang cukup
    

     Bekerja dengan waktu yang tidak teratur akan sangat mempengaruhi kesehatan baik itu kesehatan organ reproduksi maupun kesehatan tubuh yang lain. Jika memang waktu untuk bekerja tidak teratur, maka kamu harus bisa memanfaatkan waktu saat tidak ada kegiatan dengan menggunakan waktu untuk istirahat.
 
3.      Mengelola stress

Stress yang berlebihan bisa menjadi sumber penyakit ringan bahkan sampai mematikan. Dengan cara mengelola stress yang baik dan sederhana mulai dari me time, olahraga ringan dan membuat to do list bisa meminimalisir stres yang terjadi.


4.      Batasi untuk meminum kafein

Terlalu banyak mengonsumsi kandungan kafein dapat mengganggu kesehatan reproduksi wanita karena dapat menyebabkan penyakit pada tuba falopi dan endometriosis. Penyakit ini dapat memicu ketidaksuburan pada wanita dan menyebabkan wanita menjadi susah hamil. Bahkan dokter menyarankan jika ingin hamil maka jauhilah asupan kafein.

5.      Hindari kebiasaan menggunakan sabun antiseptik

Cobalah untuk tidak menggunakan sabun antiseptik untuk membersihkan alat reproduksi. Karena kandungan bahankimia di dalamnya bisa menganggu kesehatan dan fungsi alat reproduksi wanita.

6.      Terapkan kebiasaan untuk senantiasa membersihkan daerah kewanitaan

Membersihkan organ wanita cukup dengan air bersih saja tidak perlu menggunakan sabun antiseptik. Atau bisa juga dengan menggunakan rebusan daun sirih. Dan keringkan setelah dari kamar mandi agar tidak tumbuh jamur dalam organ kewanitaan.

Lebih dari sekedar menjaga untuk kesehatan. Tapi, jika reproduksi berfungsi dengan semestinya itu kan menjamin kehidupan bagi calon bayi dan pasangan kamu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Treatment Alami Untuk Wajah Kusam, Kamu Bisa Coba Di Rumah

LDR An? Bisa Kok Bertahan Sampek Nikah